Review Poco Pad: Tablet Layar Besar Murah yang Merusak Pasar?

Teknologi19 Views

Dalam beberapa tahun terakhir, pasar tablet semakin berkembang dengan berbagai pilihan yang menarik dan inovatif. Salah satu pendatang baru yang cukup menarik perhatian adalah Poco Pad, tablet dengan layar besar yang ditawarkan dengan harga yang sangat kompetitif.

Desain dan Layar Poco Pad

Hadir dengan desain yang modern dan minimalis, menampilkan bodi yang ramping dan ringan. Tablet ini dilengkapi dengan layar IPS LCD berukuran 10,4 inci, resolusi 2K (2000 x 1200 piksel) yang memberikan tampilan visual yang tajam dan jernih. Dengan rasio layar-ke-bodi yang tinggi, Poco Pad menawarkan pengalaman menonton yang imersif, ideal untuk menonton film, bermain game, dan bekerja.

Performa dan Prosesor Poco Pad

Terdapat prosesor MediaTek Helio G90T, chipset yang dikenal dengan kinerja yang handal di kelas menengah. Chipset ini dipadukan dengan RAM 4GB atau 6GB dan penyimpanan internal 64GB atau 128GB, yang dapat diperluas dengan kartu microSD hingga 512GB. Kombinasi ini memungkinkan Poco Pad menjalankan aplikasi dan game dengan lancar tanpa lag yang berarti.

Dalam pengujian benchmark, Poco Pad menunjukkan performa yang cukup baik dibandingkan dengan tablet lain di kelasnya. Aplikasi sehari-hari seperti browsing, streaming video, dan multitasking dapat dijalankan dengan mulus. Meskipun tablet ini bukan yang tercepat di pasaran, untuk harganya, performa yang ditawarkan sangat mengesankan.

Baterai dan Pengisian Daya

Dilengkapi dengan baterai berkapasitas 7.200 mAh, yang mampu bertahan seharian dengan penggunaan normal. Penggunaan intensif seperti bermain game atau streaming video secara berkelanjutan mungkin membutuhkan pengisian daya lebih cepat, namun secara keseluruhan, daya tahan baterai tablet ini cukup memuaskan.

Tablet ini juga mendukung pengisian cepat 18W, yang memungkinkan pengguna mengisi daya dengan lebih efisien. Dalam pengujian, pengisian daya dari 0% hingga 100% memerlukan waktu sekitar 2,5 jam, yang cukup cepat untuk kategori tablet dengan kapasitas baterai besar.

Kamera dan Audio Poco Pad

Untuk sektor fotografi, Poco Pad dilengkapi dengan kamera belakang 8MP dan kamera depan 5MP. Meskipun kamera bukanlah fitur utama dari tablet, hasil foto dan video dari kamera Poco Pad cukup memadai untuk kebutuhan dasar seperti video call dan dokumentasi sederhana. Kamera belakang mampu merekam video dengan resolusi Full HD, yang cukup baik untuk tablet di kisaran harga ini.

Pada sisi audio, Poco Pad memiliki dual speaker stereo yang menghasilkan suara yang cukup lantang dan jernih. Kualitas audio yang ditawarkan sangat cocok untuk menonton film dan mendengarkan musik. Meskipun tidak sekuat sistem audio high-end, kualitas suara Poco Pad cukup memadai untuk kebutuhan hiburan sehari-hari.

Sistem Operasi dan Antarmuka

Menjalankan MIUI for Pad berbasis Android 11, yang telah dioptimalkan untuk penggunaan tablet. Antarmuka ini menawarkan berbagai fitur yang memudahkan multitasking, seperti split-screen dan floating windows. Pengalaman pengguna secara keseluruhan sangat menyenangkan dengan navigasi yang intuitif dan responsif.

Konektivitas dan Fitur Tambahan

Poco Pad dilengkapi dengan berbagai opsi konektivitas, termasuk Wi-Fi dual-band, Bluetooth 5.0, dan port USB Type-C. Tablet ini juga memiliki slot SIM yang mendukung koneksi 4G LTE, memungkinkan pengguna untuk tetap terhubung saat berada di luar jangkauan Wi-Fi.

Fitur tambahan lainnya termasuk sensor sidik jari yang terintegrasi pada tombol daya, yang memberikan keamanan ekstra dan kemudahan akses. Poco Pad juga mendukung penggunaan stylus, yang sangat berguna untuk keperluan kreatif seperti menggambar dan mencatat.

Harga dan Ketersediaan

Salah satu aspek paling menarik dari Poco Pad adalah harganya. Dengan spesifikasi yang ditawarkan, Poco Pad dipasarkan dengan harga yang sangat kompetitif, membuatnya menjadi pilihan menarik bagi konsumen yang mencari tablet berkinerja baik tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Di pasar Indonesia, Poco Pad tersedia dalam dua varian: RAM 4GB dengan penyimpanan 64GB, dan RAM 6GB dengan penyimpanan 128GB, dengan harga yang sangat bersaing di kelasnya.

Dampak Terhadap Pasar

Kehadiran Poco Pad di pasar tablet telah memicu reaksi beragam dari para pesaing dan konsumen. Harga yang terjangkau dengan spesifikasi yang mumpuni membuat tablet ini menjadi ancaman serius bagi merek-merek besar yang sebelumnya mendominasi pasar tablet kelas menengah.

Banyak pengguna yang merasa Poco Pad menawarkan nilai yang luar biasa untuk uang mereka, dengan fitur-fitur yang biasanya ditemukan pada tablet yang lebih mahal. Hal ini mendorong merek lain untuk meninjau kembali strategi harga dan spesifikasi mereka untuk tetap kompetitif.

Kesimpulan

Poco Pad adalah tablet yang mengesankan dengan layar besar, performa solid, dan harga yang sangat kompetitif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *